Ciri Herbal Tapak Liman

ciri herbal tapak liman

Ciri-ciri tanaman Tapak liman :
Batang : Batang tanaman herbal Tapak liman ini berbentuk seperti garpu.
Daun : Biasanya daun dari tanaman herbal tapak liman ini berbaring ditanah, berwarna hijau tua, berseling dibawah, dan mengumpul seperti akar.
Daun akar : Berbentuk sudip, yang berada dipangkal seperti biji dan bergerigi.
Daun batang : Jumlahnya termasuk sedikit.
Bunga : Bunga ini akan muncul ari jantung daun, berwarna ungu dan dalam gerombolan seperti tukal, dan diliputi oleh 3 lembar dan pelindung yang berbentuk seperti jantung. berbunga kaku.

Kandungan zat yang terdapat dalam tanamam herbal Tapak Liman : Zat semacam glycosida.

Nama latin :Elephantopus Scaber linn.
Nama lokal : Tutup bumi, Tapak tangan, Balagaduk, Jukut cancang, Talpak tana.
Diskripsi tanaman :Tanaman herbal tapak liman ini termasuk tanaman dalam golongan rumput-rumputan, bisa bertahan hidup lama, dengan akar yang cukup besar. Tanaman herbal ini banyak ditemukan didaerah dengan ketinggian sampai 1200 m diatas permukaan laut. Tanaman ini juga dapat ditemukan  dipadang rumput. Tanaman ini berbulu seperti pohon sikat.

Manfaat tanaman tapak liman

Tanaman herbal Tapak liman ini banyak digunakan sebagi ramuan obat ataupun pengobatan herbal, antara lain :

  • Untuk pengobatan cacar air : Ambil temulawak seukuran 2 jempol,  dikupas dan dipotong. Gunakan 1 jari kencur yang telah dikupas kulitnya, jahe dan kunyit masing-masing 1 jari yang telah dikupas kulitnya, 2 pohon tapak liman seutuhnya dibersihkan dan dipotong-potong, 1 sendok  teh asam kawak, dan 1 sendok gula jawa yang telah disisir halus. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air dengan api sedang. Saringlah dan minum setelah dingin dengan ditambah gula jawa,  3 x sehari masing-masing setengah gelas.
  • Pengobatan kurang darah/Anemia : Ambil 1 genggam daun tapak liman bersihkan terbih dahulu dengan dicuci, haluskan dengan ditumbuk dan campur dengan 1/2 cangkir air matang. Kemudian seduk dengan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu. Minum ramuan ini satu hari sekali, selama 1 minggu.
Baca Juga
Ciri tapak liman
Obat herbal tapak liman

  • Pengobatan demam biasa : Ambil 1 daun pepaya yang masih muda,  5 lembar daun waru yang masih muda, setengah genggam daun sembung yang telah dikeringkan, dan 2 pohon tapak liman gunakan seluruh bagian tanaman, 3 pohon meniran yang masih kecil,  satu genggam pegagan yang masih segar, kira-kira 1 jari jahe dan kayu manis. Semua bahan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian rebus dengan 4 gelas air dan sisakan 2 gelas. Saring dan minumlah sehari 3 kali masing-masing 1/2 gelas.
  • Pengobatan keputihan : Gunakan 1 pohon tapak liman seutuhnya  yang masih segar, 1/4 genggam sambiloto, tambahkan 1/4 genggam meniran, daun sirih 3 lembar , 1 jari kunyit dan 1 jari temu kunci. Setelah semua bahan dibersihkan terlebih dahulu, rebus dengan 4 gelas air dan sisakan setengahnya. Minum 3x sehari masing-masing 1/2 gelas.
  • Untuk Memperbesar payudara: Haluskan 1 genggam daun tapak liman,  1 genggam daun hareuga, dan 1 genggam pinang yang masih muda. Kemudian balurkan pada bagian payudara, kecuali bagian puting.
  • Nyeri karena haid : Gunakan 1 pohon tapak liman segar seutuhnya, dua jari temulawak yang telah dibersihkan, daun sambang colok 1/2 genggam dan 1 sendok tek asam lama, kunyit 1 jari, dan 1 sendok makan gula jawa yang telah disisir halus.  Setelah semua bahan dibersihkan rebus dengan 4 gelas air diatas api sedang dan sisakan setengahnya. Minum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Helo Herbal Obat Herbal Terpercaya

Manfaat Benalu Teh Untuk Kesehatan